'ITIL' Pada Perusahaan Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
1.Service Strategy –
PT. Telkom
menerapkan strategi pemasaran yang konprehensif untuk memperkuat merek dagang
serta meningkatkan penjualan perusahaan termasuk melalui aktivitas komunikasi
pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi produk dan layanan.
2.Service Design –
1. Produk
PT
Telkomsel menyediakan layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon
kabel tidak bergerak dan telpon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler,
layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data,
PT Telkom juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan
edutainment, termasuk cloud-based dan served-based managed service layanan
e-payment dan layanan portal lainnya.
2. Price
Harga yang
ditawarkan kepada para pelanggan saat ini sudah menyesuaikan dengan kemampuan
daya beli masyarakat Indonesia.
3. Place
PT Telkom
memiliki banyak saluran distribusi salah satunya adalah plasa telkomsel dan
GraPARI, yaitu outlet/lokasi berfungsi sebagai walk-in costumer service point.
4. Promotion
Promosi
yang dilakukan oleh Telkomsel dari tahun ketahun adalah telkomsel Poin. Dimana
para pelanggan bisa mendapatkan poin dari setiap penggunaan produk Telkomsel
lalu para pelanggan bisa menukarkan dengan hadiah yang telah ditentukan atau
dapat mengikuti undian yang berkesempatan mendapatkan lebih besar lagi.
5. People
Telkom
memiliki budaya untuk membuat karyawan menjadi lebih baik dalam pekerjaannya
yaitu dengan menerapkan The Telkom Way, yang mengandung tiga unsur inti 3P,
yaitu philosophy, principle dan practice.
Philosophy
to be the best : always the best yakni dasar yang berisi filosofi-filosofi
dasar bagi seluruh jajaran Telkom untuk menjadi insan terbaik.
Principle
to be the star : solid-speed-smart (3S) yaitu nilai-nilai inti yang berisi
prinsip dasar untuk menjadi insan bintang.
Practices
to be the winner yaitu standar perilaku yang berisi praktik-praktik luhur untuk
menjadi pemenang.
6. Physical evidence
Bukti
fisik yang ada adalah tower yang tersebar luas diseluruh Indonesia serta dengan
pembaharuan teknologi yang cepat dan bukti fisik lainya adalah serat optic yang
sudah terpasang sejauh 100.000 km.
7. Process
Telkomsel
membuka outletnya sesuai dengan ketentuan yang telah diberlakukan oleh
perusahaan dan memberikan pelatihan kepada karayawannya agar pelayanan yang
diberikan baik dan bisa menambah nilai lebih terhadap produk.
3.Service Transition –
Dalam
perjalanan sejarahnya, Telkom telah melalui berbagai dinamika bisnis dan
melewati beberapa fase perubahan, yakni kemunculan telepon, perubahan
organisasi jawatan yang merupakan kelahiran Telkom, tumbuhnya teknologi
seluler, berkembangnya era digital, ekspansi bisnis internasional, serta
transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis digital.
4. Service Operation –
Saat ini
TelkomGroup mengelola 6 produk portofolio yang melayani empat segmen konsumen,
yaitu korporat, perumahan, perorangan dan segmen konsumen lainnya.
1. Mobile
Portofolio
ini menawarkan produk mobile voice, SMS dan value added service, serta mobile
broadband. Produk tersebut ditawarkan melalui entitas anak, Telkomsel, dengan
merk Kartu Halo untuk pasca bayar dan
simPATI, Kartu As dan Loop untuk pra bayar.
2. Fixed
Portofolio
ini memberikan layanan fixed service, meliputi fixed voice, fixed broadband,
termasuk Wi-Fi dan emerging wireless technology lainnya, dengan brand IndiHome.
3. Wholesale & International
Produk
yang ditawarkan antara lain layanan interkoneksi, network service, Wi-Fi, VAS,
hubbing data center dan content platform, data dan internet, dan solution.
4. Network Infrastructure
Produk
yang ditawarkan meliputi network service, satelit, infrastruktur dan tower.
5. Enterprise Digital
Terdiri
dari layanan information and communication technology platform service dan
smart enabler platform service.
6. Consumer Digital
Terdiri
dari media dan edutainment service, seperti e-commerce (blanja.com), video/TV
dan mobile based digital service. Selain itu, PT Telkom juga menawarkan digital
life service seperti digital life style (Langit Musik dan VideoMax), digital
payment seperti TCASH, digital advertising and analytics seperti bisnis digital
advertising dan solusi mobile banking serta enterprise digital service yang
menawarkan layanan Internet of Things (IoT).
5. Continual Service Improvement –
PT. Telkom
selalu mengimprove bentuk maupun jangkauan layananya hingga saat ini menjangkau
dari sabang sampai marauke.
PT. Telkom
bukan hanya menjadi perusahaan telekomunikasi bagi Indonesia, mereka memiliki
perguruan tinggi yang terkenal yaitu Universitas Telkom yang berada di bandung,
yang nantinya beberapa karyawan staff dan manager akan diambil dari perguruan
tinggi tersebut.
PT. Telkom
menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh di Indonesia.
Kelebihan & Kekurangan
Kelebihan
- Telkom memiliki kekuatan
finansial yang besar. Hal ini memudahkan Telkom untuk melakukan investasi
peralatan telekomunikasi yang mahal. Selain itu, mereka juga telah
memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah
tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi
pasar.
- Sepanjang tahun 2008, jumlah
pelanggan Perusahaan terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Jumlah
pelanggan akses internet broadband, sambungan tidak bergerak nirkabel dan
seluler mengalami pertumbuhan tahunan yang signifikan, masing-masing
sebesar 168%, 100% dan 36%. Telkom terus mendominasi pasar domestik di
produk-produk: seluler, sambungan tidak bergerak nirkabel dan akses
internet broadband. Untuk produk seluler, pangsa pasar (per 31 Desember 2008)
adalah 47.0% untuk Telkomsel, 26.0% untuk Indosat, dan 19.0% untuk
Excelcomindo. Jumlah pelanggan Telkomsel sebanyak 65.3 juta, Indosat
sebanyak 36.5 juta, dan Excelcomindo sebanyak 25,6 juta.
- Pilihan produk dan cakupan
serta beragam jenis layanan yang ditawarkan merupakan keunggulan strategis
yang dimiliki Telkom. Kapasitas dan infrastruktur Telkom juga menyediakan
landasan yang kokoh dalam memenuhi kebutuhan di masa mendatang untuk
kecepatan, konektivitas dan pilihan yang lebih baik.
- Dari sisi keuangan, Telkom
terus menunjukkan arus kas yang kuat dan rasio hutang terhadap ekuitas
yang sehat. Posisi ini memperkuat kemampuan Telkom untuk mengumpulkan
modal guna pengembangan jika dan ketika dibutuhkan.
- Sejumlah departemen dan
instansi Pemerintah (tidak termasuk BUMN) membeli layanan Telkom sebagai
pelanggan langsung, dengan termin yang dinegosiasikan secara komersil.
Telkom tidak memberikan layanan secara cuma-cuma atau yang berbasis
perusahaan sejenis. Telkom berurusan dengan berbagai departemen dan instansi
Pemerintah sebagai pelanggan secara terpisah satu dengan lainnya.
Kekurangan
- Jumlah pekerjanya terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya. Selain itu, sebagai BUMN, mereka juga relatif dibebani dengan beragam peraturan dan regulasi yang acap membuat mereka lamban dalam mengambil keputusan strategis. Juga intervensi dari pemerintah kadang membuat mereka juga tidak bisa bersikap dinamis dengan perubahan pasar.
- Langkah strategis merger & akuisisi, investasi & divestasi serta pengelolaan anak perusahaan mengandung peluang dan risiko yang dapat mempengaruhi performansi keuangan perusahaan. Telkom masih memerlukan waktu untuk memastikan bahwa langkah-langkah strategis yang diambil membawa dampak positif bagi pertumbuhan perusahaan. Dalam hal ini langkah-langkah yang diambil tersebut dapat menimbulkan dampak negatif yang material bagi perusahaan.
Thanks to
Daftar
pustaka :